Friday, August 25, 2017

Parameter Hidrolik Akifer

Parameter hidrolik akifer meliputi porositas, permeabilitas, konduktivitas hidrolik, transmisivitas, dan storativitas. 

Porositas

Dalam akifer terdapat rongga-rongga / ruang dalam batuannya atau tanahnya yang diisi oleh airtanah bukan oleh material mineral. Nilai porositas ditentukan oleh ukuran butir, bentuk butir, dan distribusi butiran. Dalam akifer media pori, rongga-rongga tersebut berfungsi sebagai saluran air. Porositas primer dibentuk oleh proses pembentukan batuan sedimen. Porositas sekunder pada batuan sedimen dan batuan beku terjadi setelah batuan terbentuk, berupa rekahan (fracture), kekar (joint), bukaan karena pelarutan (solution opening), dan bukaan oleh jejak hewan atau akar tumbuhan (opening formed by animals and plants).

Porositas (N) dinyatakan dalam persen (%) merupakan perbandingan antara volume rongga terhadap volume tanah / batuan keseluruhan. Porositas efektif mengendalikan besaran air gravitasi, istilah lainnya adalah Specific Yield (Sy). Porositas efektif ekivalen dengan porositas total untuk akifer dengan material berbutir kasar (pasir/kerakal). Specific Retention (Sr) merupakan besaran air yang berbentuk sebagai air kapiler. Porositas (N) merupakan penjumlahan dari Specific Yield (Sy) dan Specific Retention (Sr).

Permeabilitas (permeability)

Nilai permeabilitas menggambarkan kecepatan aliran untuk setiap penurunan satu unit gradien hidrolik, yang bersifat konstan. Nilai parameter ini bergantung kepada bentuk butir, ukuran butir, porositas batuan, dan viskositas air. Besaran permeabilitas dapat diperoleh melalui pengukuran permeabilitas di laboratorium atau uji pompa di lapangan. Parameter permeabilitas dinyatakan dalam satuan cm/detik dan diberi notasi “k”.

Konduktivitas hidrolik (hydraulic conductivity)

Konduktivitas hidrolik didefinisikan sebagai koefisien yang secara proporsional mengambarkan kecepatan air yang dapat melaju melalui media permeabel dalam unit waktu dan unit gradien hidrolik. Densitas dan viskositas air harus diperhatikan dalam mendeterminasi parameter konduktifitas hidraulik. Parameter ini dinyatakan dalam satuan m/s dan diberi notasi “K”.

Transmisivitas (transmissivity)

Satuan yang menunjukan kecepatan aliran dibawah satu unit gradien hidrolik melalui sebuah penampang  pada seluruh tebal jenuh suatu akifer, dinyatakan dalam satuan m2/s serta diberi notasi “T”.

Storativitas (storativity)

Parameter ini merupakan nilai volume air yang dapat dikeluarkan/dimasukan dari/ke akifer pada unit luas dan per unit perubahan paras muka air. Besaran storativitas dinyatakan tanpa satuan serta diberi notasi “S”.

No comments: